Dalam menyusun kerangka konten elearning,sangat penting bagi kita merumuskan makna belajar itu apa. Pandangan diri kita terhadap makna belajar akan sangat berpengaruh pada perancangan instruksi program.

Ada tiga metafora makna belajar yang disampaikan oleh Mayer. Pertama, belajar sebagai bentuk memperkuat respon. Kedua,menguasai informasi, dan ketiga adalah konstruksi pengetahuan.

Metafora pertama, memandang bahwa belajar adalah menguatkan atau melemahkan asosiasi-asosiasi benar dan salah. Siswa merupakan penerima pasif akan reward dan jg punishment. Instruktur adalah penentu reward dan punishment tersebut.

Metafora kedua, memandang bahwa belajar adalah menambah informasi ke bagian memori. Siswa menjadi penerima pasif informasi yang disampaikan. Dan guru adalah penentu dari informasi yang diberikan kepada siswa.

Metafora ketiga, memandang bahwa belajar adalah membangun suatu representasi mental. Siswa merupakan makhluk yg aktif dan senantiasa mencerna informasi yg diberikan. Mereka terlibat dalam proses berpikir kognitif selama pembelajaran,termasuk menghadirkan informasi relevan thd materi, mengorganisasikan secara mental menjdi struktur koheren, dan mengintegrasikannya dg sesuatu yg sdh diketahuinya.

Dalam hal ini, suatu rancangan instructional efektif tidak hanya menghadirkan informasi tetapi juga memotivasi siswa utk terlibat dalam preses kognitif selama proses pembelajaran.

Print Friendly